Senin, 10 Februari 2014

Pengertian Linux

Pengertian Linux


Linuxadalahsistemoperasi open source. Iniberartikodesumberuntuk Linux tersediauntukumumuntukinspeksidanbahkanperbaikan.Keuntungandariproduk open source berkisardarimanfaatmasukankreatifdari programmer seluruhdunia, untukkeamanan.Dengan source code tersediadalam domain publik, produk open source diujioleh programmer di seluruhdunia. Inijauhlebihsulitdengansistemtertutupseperti Microsoft Windows karenakodesumbertidaktersediauntukumum.

Perbedaanbesarlainnyaantara Linux dan Microsoft Windows adalahbahwa Linux adalahdidasarkanpadasistemoperasiUnix, sementara Windows adalahsistemoperasi proprietary
atauberdirisendiri.

Banyak orang yang mempertimbangkanberalihke Linux bertanya-tanyaapakahmerekasaatiniperangkatlunak Windows akanberjalan di Linux. Jawabansingkatnyaadalahtidak.Para sistemoperasi Linux tidakdirancanguntukitu, ataudimaksudkanuntukmenjalankanperangkatlunak Windows. Yang mengatakan, interface seperti WINE, yang bebasdandilengkapidengankebanyakandistribusi Linux, ataualternatifmembayarseperti Win4Lin dan VMW menyediakanberbagaimacamsolusiuntukmenjalankanperangkatlunak Windows padamesin Linux denganhasil yang bervariasi. Namun, harapanpenggemar Linux yang orang akanberalihke Linux-alternatifperangkatlunak, sebagaiaplikasilebihbanyakditulisuntuklingkungan Linux.

Tidakdiketahuiberapabanyakpengguna Linux adakarenapendaftarantidakdiperlukan, tetapijumlahinidiperkirakandalamjutaan. Linus Torvalds mulaimembangun Linux padatahun 1991 ketikaiaseorangmahasiswasarjana di University of Helsinki di Finlandia. Diaterusmengembangkan Linux denganbantuan programmer relawandanhacker .lisensi Linux memungkinkanpenggunauntuksecarabebasmenyalindanmendistribusikanperangkatlunakdengankodesumbernya.

Kelebian Linux:
1. Tidakmemerlukanperangkatkeras yang mahal. Linux dapatberjalanpadakomputer PC dengankonfigurasi minimal sbb :
* Mikroprosesor 386 DX (intel, AMD, Cyrix, TI, Chips&Tech.)
* RAM 4 MB (tanpa GUI) dan 8 MB (dengan GUI)
* Space harddisk 85 MB
2. Linux merupakansistemoperasibebasdanterbuka.Sehinggadapatdikatakan, tidakterdapatbiayalisensiuntukmembeliataumenggunakan Linux.
 3. Preemptive multitasking, yaitumenanganibanyak proses secarabersamaan, semua proses tersebuttidaksalingmenghalangi/ menghambatwalaupunberjalanpadasaat yang sama.
4. Multiuser, yaitulebihdarisatu orang dapatmenggunakan program yang sama/ berbeda-bedadarisatumesin yang samapadasaatbersamaan di terminal yang sama/berbeda.
5. Dukunganakses 33 macamsistem file yang berbeda. Linux mampumengaksessistem file FAT16, FAT32 (kepunyaan DOS), VFAT (Win), HPFS (OS/2), Minix, UFS (Solaris), Xenix, SCO, Novell, dsb.


Kekurangan Linux :
1. Banyakpengguna yang belumterbiasadengan Linux danmasih ‘Windows minded’. Hal inidapatdiatasidenganpelatihan-pelatihanatauedukasikepadapengguna agar mulaiterbiasadengan Linux.
2. Dukunganperangkatkerasdari vendor-vendor tertentu yang tidakterlalubaikpada Linux. Untukmencaridaftarperangkatkeras yang didukungpada Linux, kitadapatmelihatnya di Linux-Drivers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar